KH Maruf Amin Pimpin Rapat Pengembangan Daerah Wisata Super Prioritas

Home / Berita / KH Maruf Amin Pimpin Rapat Pengembangan Daerah Wisata Super Prioritas
KH Maruf Amin Pimpin Rapat Pengembangan Daerah Wisata Super Prioritas Wapres KH Maruf Amin memimpin rapat terbatas pengembangan daerah wisata super prioritas di Kantor Wapres, Jakarta. (FOTO: Fransiska Ninditya)

TIMESMAGETAN, JAKARTA – Wakil Presiden KH Maruf Amin memimpin rapat terbatas tentang pengembangan lima daerah wisata super prioritas di Indonesia, Kamis (16/1/2020) di Kantor Wapres Jakarta.

Rapat tersebut turut dihadiri sejumlah menteri, di antaranya Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjairan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri Komunikasi Johnny G. Plate, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.
  
Di hadapan peserta rapat, Wapres Ma’ruf Amin meminta langkah-langkah pengembangan lima destinasi wisata tersebut memperhatikan ekonomi rakyat, dengan melibatkan masyarakat sekitar.

Wapres menjelaskan bentuk perhatian dan pelibatan masyarakat, yakni dengan memberikan pendampingan dan pembinaan dalam menyediakan fasilitas, akomodasi dan kuliner.

Maruf Amin berharap usaha mikro, kecil, dan menengah dapat turut mengembangkan desa wisata di daerah wisata super prioritas.

“Menjadi penting juga peran serta UMKM dalam menggerakkan potensi desa wisata. Itu perlu didukung dalam pendampingan pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan,” ujarnya.

Wapres KH Maruf Amin juga meminta pengembangan daerah wisata super prioritas tersebut memperhatikan aspek lingkungan hidup dan ekosistem. Lima destinasi wisata super prioritas merupakan bagian dari program 10 Bali Baru, yang diharapkan dapat mendongkrak popularitas daerah-daerah wisata selain Pulau Bali. Lima destinasi wisata tersebut adalah Danau Toba, Likupang, Mandalika, Labuan Bajo, dan area Borobudur-Prambanan-Ratu Boko. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com