Selain Jarang Keramas, Ini 5 Penyebab Ketombe pada Kulit Kepala

Home / Gaya Hidup / Selain Jarang Keramas, Ini 5 Penyebab Ketombe pada Kulit Kepala
Selain Jarang Keramas, Ini 5 Penyebab Ketombe pada Kulit Kepala Ketombe jadi masalah besar untuk kulit kepala

TIMESMAGETAN, JAKARTA – Ketombe pada rambut dan kulit kepala dapat mengurangi rasa percaya diri. Biasanya ketombe disebabkan jarang membersihkan rambut. Namun, masih ada hal lain penyebab ketombe muncul di kulit kepala Anda.

Melansir dari Cosmopolitan, berikut ini adalah penyebab ketombe yang perlu Anda tahu.

1. Penggunaan produk yang tidak sesuai

Menggunakan produk perawatan rambut seperti sampo bisa mencegah timbulnya ketombe. Namun, pastikan produk yang Anda gunakan sesuai dengan kondisi kulit kepala. Bila tidak cocok, produk tersebut justru bisa mengakibatkan alergi dan memicu munculnya ketombe. Selain itu, terlalu sering menggunakan produk penata rambut juga dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya ketombe. 

2. Tidak rajin membersihkan rambut

Salah satu penyebab ketombe yang paling umum adalah karena tidak membersihkan rambut secara teratur. Ketika malas mencuci rambut, terjadi penumpukan minyak, kotoran dan sel-sel kulit mati di kulit kepala yang meningkatkan risiko munculnya ketombe.

Bersihkan rambut paling tidak dua hari sekali dengan menggunakan sampo anti-ketombe atau sampo dengan kandungan yang dapat mengurangi minyak berlebih di kulit kepala. Pastikan juga membilas rambut dengan bersih setelah keramas. Karena sisa sampo juga bisa memicu ketombe.

3. Jarang menyisir rambut

Menyisir secara teratur dapat mengurangi risiko ketombe. Ini karena menyisir rambut membantu shedding atau peluruhan kulit mati di kepala. Kalau Anda jarang menyisir rambut, kulit kepala tidak akan “bernapas” sebagaimana mestinya seperti saat kamu menyisir rambut.

4. Diet

Jika sedang menjalani program diet, tidak menutup kemungkinan pola diet Anda bisa menjadi salah satu penyebab ketombe. Menjalani program diet tanpa pengawasan ahlinya bisa membuat kamu kehilangan nutrisi seperti vitamin B dan seng yang dapat meningkatkan risiko munculnya ketombe.

5. Stres

Penyebab ketombe selanjutnya yaitu tingginya tingkat stres. Pasalnya, terlalu stres mengakibatkan perubahan pada hormon yang membuat kulit kepala menghasilkan banyak minyak. Kondisi kulit kepala seperti inilah yang menjadi penyebab munculnya ketombe. Menjaga kondisi mental agar tidak terlalu stres dapat menjadi cara untuk mengatasi dan mencegah ketombe. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Tags:

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com