Kiat Melatih Diri Menjadi Orang yang Sabar 

Home / Gaya Hidup / Kiat Melatih Diri Menjadi Orang yang Sabar 
Kiat Melatih Diri Menjadi Orang yang Sabar  Ilustrasi Melatih Diri Menjadi Orang yang Sabar. (FOTO: mozaik.inilah)

TIMESMAGETAN, JAKARTA – Sabar itu memang penting. Karena, kalau tidak sabar, dampaknya bisa merusak hubungan kita dengan keluarga, teman, rekan kerja, dan orang lainnya. Memang tidak mudah dalam bersabar, tapi sesuai hakikat manusia menurut Islam, semua pasti bisa melaksanakannya. Bagaimana caranya melatih sabar?

Berikut adalah beberapa cara dalam mengasah kesabaran kita untuk tetap tegar dalam menghadapi cobaan.

1. Niatkan karena Allah

Segala sesuatu yang kita perbuat di dunia ini, hendaknya diniatkan karena Allah. Dengan niat karena Allah, maka kesabaran pun akan muncul.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Banyak membaca Al-Quran

Dengan membaca Al-Quran, hati pun merasa tenang dan kesabaran dalam menghadapi masalah di kehidupan ini pun akan muncul. Semakin banyak kita membaca, semakin tenang pula hati kita. Dalam Al-Quran juga banyak terdapat surah Al-Quran tentang kesabaran.

Sebagaimana firman Allah SWT:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ ما هُوَ شِفاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ وَلا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلاَّ خَساراً

 Dan kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.(Q.S. Al-Isra’ : 82)

3. Menyadari dosa yang telah diperbuat

Ketika cobaan datang, maka hendaklah introspeksi diri bahwa kita mempunyai begitu banyak dosa sehingga inilah balasan yang kita dapatkan dari dosa-dosa kita. Hanya dengan terus berusaha, pasrah dan bersabar, kita dapat melalui cobaan hidup.

وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَىْءٍ مِّنَ ٱلْخَوْفِ وَٱلْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِ ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ

 “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (Q.S.  Al-Baqarah :155)

4. Puasa

Puasa merupakan salah satu cara mengasah kesabaran, karena kita diharuskan menahan segala bentuk hawa nafsu.

Sebagaimana sabda Rasul:

 “Puasa adalah tameng, maka apabila salah seorang dari kalian sedang berpuasa janganlah dia berkata kotor dan janganlah bertengkar dengan mengangkat suara. Jika dia dicela dan disakiti maka katakanlah, ‘Saya sedang berpuasa’.” [HR. Muslim].

5. Berdzikir

Dzikir diartikan sebagai menyebut atau mengingat Allah dengan lisan melalui kalimat-kalimat thayyibah. Dengan selalu mengingat Allah, maka kita pun akan lebih sabar dalam menghadapi segala sesuatunya karena kita tahu bahwa Allah selalu ada untuk kita.

6. Tetap berpikir positif

Selalu berpikiran positif akan memberikan ketenangan dalam menghadapi hidup. Cobalah untuk selalu menyibukkan diri dengan berbagai hal yang positif agar tidak lagi terbawa emosi atau amarah yang merong-rong pikiran.

7. Ikhlas

Jangan pernah menentang takdir yang datang dalam kehidupan kita karena kita tidak akan mampu untuk menolaknya. Untuk bisa sabar menghadapi bermacam persoalan kita harus bisa menerima takdir dan kenyataan terlebih dahulu dengan cara membuat hati ikhlas.

8. Selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki

Kiat melatih sabar lainnya adalah selalu bersyukur. Syukuri apa yang telah dimiliki saat ini merupakan salah satu cara menjadi orang yang sabar dan ikhlas dalam menjalani kehidupan. Dengan bersyukur akan membuat diri kita lebih mudah menerima segalanya dengan lapang dada. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com