Tak Disangka, Ini Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan

Home / Gaya Hidup / Tak Disangka, Ini Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan
Tak Disangka, Ini Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan Baking Soda. (FOTO: Sciencing)

TIMESMAGETAN, JAKARTA – Baking soda atau yang dikenal juga dengan sebutan sodium bikarbonat adalah substansi bubuk putih tanpa aroma yang merupakan kombinasi antara sodium dengan hidrogen karbonat. Baking soda merupakan salah satu bahan penting dalam membuat kue. Tanpa baking soda, roti, atau kue tidak akan mengembang. Selain itu, baking soda juga memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat baking soda?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat baking soda untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh.

1. Menyegarkan napas dan memutihkan gigi

Baking soda menjadi bahan yang sangat baik untuk perawatan mulut. Studi menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue lebih baik dalam memecah plak dan memutihkan gigi daripada pasta gigi yang tidak tanpa soda kue. Soda kue juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang kuat, sehingga bagus untuk menjadikannya obat kumur.

2. Menyembuhkan sariawan

Sariawan yang kecil dapat menyebabkan rasa sakit yang lumayan menyiksa. Jika Anda terganggu oleh sariawan, gunakan obat kumur dari soda kue setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa hal ini dapat secara signifikan mengurangi rasa sakit serta mempercepat penyembuhan.

3. Menghilangkan bau keringat

Deodoran adalah produk lain yang sering mengandung soda kue karena sangat baik dalam menyerap bau. Baking soda tidak sepenuhnya menghentikan proses ini, tetapi membuat hasilnya lebih sedikit asam, sehingga bau keringat pun kurang tajam. Cobalah menepuk beberapa soda kue di ketiak Anda dalam keadaan darurat sebagai deodoran alami.

4. Meredakan gatal pada kulit

Soda kue adalah obat yang baik untuk semua jenis penyakit kulit. Baking soda sangat baik untuk menghilangkan gatal kronis dan iritasi karena gigitan serangga. Caranya dengan membuat pasta kental dari campuran soda kue dan air, lalu oleskan ke daerah yang gatal.

Jika kulit Anda yang terbakar adalah akibat sengatan matahari, cobalah mandi menggunakan soda kue. Cukup tambahkan 1-2 buah baking soda ke dalam bak mandi berisi air hangat (tidak panas). Kemudian berendamlah selama setidaknya 30 menit, pastikan bahwa area yang terkena benar-benar tertutup.

5. Penetral asam lambung

Seperti yang dilansir dari Home Remedies for Life, kombinasi baking soda yang dicamour dengan air dapat digunakan untuk mengurangi permasalahan pencernaan seperti rasa panas pada perut (heartburn), mual dan naiknya asam lambung. Namun, sebaiknya Anda lakukan setelah terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter, sebagai upaya pencegahan bila terdapat efek samping yang Anda rasakan setelahnya.

Itulah berbagai manfaat baking soda untuk kesehatan maupun kecantikan. Sebaiknya Anda mencoba dalam porsi sedikit perawatan menggunakan baking soda ini. Jika terjadi iritasi atau gangguan kesehatan hentikan penggunaan baking soda. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com