Awas! Kolesterol Tinggi Bisa Picu Serangan Jantung

Home / Gaya Hidup / Awas! Kolesterol Tinggi Bisa Picu Serangan Jantung
Awas! Kolesterol Tinggi Bisa Picu Serangan Jantung FOTO: Glutera

TIMESMAGETAN, JAKARTA – Tahukah Anda? Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO) tahun 2012 menunjukkan 17.5 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung koroner atau 31% dari 56.5 juta kematian di seluruh dunia.  Sedangkan 6.7 juta kematian atau setara dengan 38.3% diakibatkan oleh stroke. Salah penyebab utama dari penyakit jantung koroner dan stroke adalah karena aliran darah yang tersumbat menuju jantung dan otak. Hal ini disebabkan karena kadar kolesterol tinggi di dalam darah.

Kadar kolesterol yang tinggi menjadi ketakutan tersendiri, karena memicu berbagai penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke. Selain itu, penyakit berbahaya lain juga mengintai seperti aterosklerosis dan gangguan organ lainnya seperti penyakit hati, diabetes, masalah tiroid dan genetika.
Banyak faktor yang menyebabkan kadar kolesterol seseorang meningkat, salah satunya kegemaran mengonsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi seperti makanan bersantan.

Sebelum Semua Terlambat, Simak 11 Gejala Kadar Kolesterol Tinggi Berikut

1. Mudah Lelah dan Sering Mengantuk

Terjadinya penghambatan aliran darah menuju otak membuat penderita dengan gejala kolesterol tinggi menjadi susah berkonsentrasi, mudah lelah dan sering mengantuk.

2. Leher Tegang

Biasanya, penderita dengan kolesterol tinggin akan sering merasakan leher yang cenderung kaku dan pegal ketika digerakkan.

3. Sering Kesemutan

Adanya penyumbatan aliran darah menuju saraf seringkali menyebabkan kesemutan/kram di area seperti kaki, tangan sebagai tanda tingginya kadar kolesterol.

4. Nyeri Dada Sebelah Kiri

Nyeri yang dirasa seperti tertimpa benda berat saat ditekan atau diremas dengan kisaran waktu 2-5 menit hingga kondisi pulih dengan sendirinya.

5. Sakit Kepala Setelah Makan-makanan Tertentu

Kolesterol tinggi yang mengendap di arteri dapat mengganggu sirkulasi darah dan oksigen pada sel. Hal ini kerap menimbulkan rasa sakit kepala tak menentu hingga rasa tak nyaman setelah menyantap makan-makanan tinggi kolesterol yang banyak mengandung santan, lemak, olahan daging dan goreng-gorengan.

6. Pembengkakan dan Mati Rasa

Pembengkakan dan mati rasa pada anggota badan adalah salah satu gejala awal dari kolesterol tinggi. Reaksi ini terjadi karena akumulasi lipid mengganggu sirkulasi.

7. Bau Mulut

Bau mulut adalah salah satu gejala paling umum dari kolesterol tinggi.
Terlalu banyak kolesterol dapat menciptakan kesulitan serius dengan pencernaan. Akibatnya, Anda mungkin mengalami kekeringan dan bau tidak menyenangkan di mulut.

8. Kembung dan Gangguan Pencernaan

Selain itu, kadar kolesterol jahat (LDL) yang tidak terkontrol cenderung menjadi pemicu yang kuat bagi gangguan pencernaan dan menyebabkan kembung.

9. Masalah penglihatan

Kelebihan kolesterol mengarah pada pengembangan masalah penglihatan. jika tidak ditangani lebih awal, mereka dapat menyebabkan kerusakan permanen. Ini akan menyebabkan mata berwarna kuning menonjol, iritasi, dan kaburnya penglihatan.

10. Sembelit

Selain itu, penumpukan lipid di arteri juga memengaruhi pencernaan dan menyebabkan sembelit.

11. Gatal-gatal

Gatal-gatal terjadi ketika tubuh mengalami kesulitan mengatur kadar kolesterol.

Cerdas Mengkonsumsi, Bukan Coba-coba!

Kesehatan terlalu berarti untuk dipertaruhkan. Kewajiban menggali informasi sebanyak-banyaknya terkait berbagai macam obat-obatan yang akan dikonsumsi menjadi sebuah keharusan yang mutlak.

Efek jangka panjang mengkonsumsi obat-obatan kimia dikhawatirkan dapat menyebabkan melemahnya kemampuan ginjal seseorang. Hal tersebut dapat ditandai dengan berat badan yang kian menurun drastis (walau banyak makan), kurang bertenaga atau nyeri punggung dibagian bawah.

Banyaknya review jurnal medis, rekomendasi ataupun testimoni-testimoni pendukung dapat dijadikan acuan penting sebagai tahapan awal sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi suatu produk. Glutera Nitric Oxide & Glutathione Terbukti membantu menurunkan kolesterol tinggi. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com