Hidangan Idul Adha, Inilah Resep Tengkleng Kambing Ala Chef Dolimin

Home / Wisata / Resep Tengkleng Kambing Ala Chef Dolimin, Bisa Jadi Rujukan Kala Idul Adha
Resep Tengkleng Kambing Ala Chef Dolimin, Bisa Jadi Rujukan Kala Idul Adha Demonstrasi live cooking Chef Dolimin, Selasa (28/7/2020) (Foto: Farida Umami/TIMES Indonesia)

TIMESMAGETAN, SURABAYA – Salah satu hidangan wajib yang dihidangkan oleh keluarga dalam menyambut hari raya Idul Adha adalah aneka olahan daging kambing. Untuk mengangkat cita rasa lokal khas Indonesia, Executive Chef Dolimin membagikan resep olahan daging kambing kepada audience dan pengikut di instagram untuk dapat dipraktekkan dengan mudah di rumah, yaitu Tengkleng Kambing.

“Hari raya Idul Adha adalah salah satu perayaan yang paling dinanti oleh semua orang. Selain momen berkurban, salah satu yang dinanti oleh semua orang adalah makan bersama keluarga setelah shalat Idul Adha,” kata Doliman, Executive Chef Quest Hotel Darmo – Surabaya kepada TIMES Indonesia, Selasa (28/7/2020).

Menu tengkleng adalah menu turun-temurun yang sering disajikan dalam acara keluarga. Melalui demonstrasi live yang dilakukan di Instagram, Chef Dolimin berharap agar kerinduan para tamu tentang hotel dapat terobati serta dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk acara kumpul keluarga mereka.

Demonstrasi-live-cooking-Chef-Dolimin-1.jpg

“Menu tengkleng adalah menu turun-temurun yang sering disajikan dalam acara keluarga. Melalui demonstrasi live yang kami lakukan di Instagram, kami berharap agar kerinduan para tamu kami tentang hotel kami dapat terobati serta dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk acara kumpul keluarga mereka,” tambahnya.

Tengkleng merupakan masakan sup khas kota Solo yang berbahan dasar daging kambing dan tulang kambing yang dimasak bersama dengan bumbu dan rempah-rempah pilihan. Seperti lengkuas, jahe, kunyit, serai, kemiri, pala, cengkeh, santan dan masih banyak bumbu serta rempah khas Indonesia lainnya yang tentu menambah aroma dan cita rasa yang khas dari sup tersebut.

Demonstrasi-live-cooking-Chef-Dolimin-2.jpg

Menu tengkleng sendiri berasal dari masa penjajahan di Solo ketika banyak warga yang menggunakan sisa tulang dan jerohan yang tidak dimakan oleh para kaum bangsawan.

"Dinamakan tengkleng karena masakan ini dulunya diletakkan di piring yang terbuat dari gebreng atau seng yang mengeluarkan bunyi ‘kleng, kleng, kleng’ sehingga tercetuslah nama makanan Tengkleng Kambing.” pungkas Chef Dolimin. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com